jump to navigation

Upgrade Gallery Photo Album Tue - Oct 19, 2004

Posted by supriyatna in All.
trackback

Upgrade Gallery Photo Album dari versi 1.2.3 ke 1.4.4-pl2, and move from RedHat to Windows 2003 Server Standard. with following new specifications: Apache 2.0.49, PHP 4.3.7.

Nah pada saat mo rebuild thumbnail, atau buat highligh photo proses-nya seperti hang, ngga bisa browse ke mana-mana lagi. Coba-coba check dengan menggunakan Task Manager, di sana ternyata masih mencokol jpegtopnm.exe, pnmscale.exe, dan pnmtojpeg.exe, sempet ke pikir apa iya Gallery-nya ngga support di Windows? … ah masa sih, tapi gue ngga nemuin thread yg ngejelasin kalau gallery ngga support, terus apa ya? Dan kenapa ada process jpegtopnm.exe yg ngga berhenti.

Coba pindah ke modus debug, masih ngga ada informasi apapun yg bisa ngejelasin masalah “hang” ini, ugh … terpaksa buka coding .php nya, dan tambahin output untuk negeliat apa sih yg di kerjain sama gallery, aha… ternyata ada bagian yg exec() command berikut “jpegtopnm --quiet P1000926.jpg | pnmscale --quiet -xysize 150 150 | pnmtojpeg --quiet --quality=90 > P1000926.thumb.jpg” dan prosesnya berhenti di sini. Hmm… minimal udah ada clue sekarang. Jadi masalahnya ada di NetPBM toh!….

Nah lanjut test manual untuk jalanin proses tersebut dari console command prompt, dan … Ternyata ketemu error berikut: “JPEG Library Error – Not a JPEG file: starts with 0xff 0xff”. Coba untuk google-ing pun ternyata ngga banyak membantu, mo cari binary distribution terbaru dari netpbm? Ngga ada yg paling baru, yg ada cuma sourcenya, masa harus compile sendir wah .. ngga dah … Buang waktu dan energy.

Ok kalau yg terbaru ngga ada gimana kalau ambil yg sebelumnya? Ok coba ambil langsung netpbm dari gallery.sourceforge.net. Selesai download, lanjut di extract ke folder netpbm. Coba jalankan lagi command di atas, ah .. masih ada error, ada yg kurang dengan library dan executable file rupanya. Ok di bagian yg lama ngga ada, gimana kalau di ambil dari yg baru, jadi skenarionya gini: ambil semua .exe dan library dari yg package lama, terus bagian yg ngga ada ambil dari package yg baru.

Coba lagi…. Yes!… mulus … sekarang …

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: