jump to navigation

Run Opera Mini on MicroEmulator without console windows Sun - May 9, 2010

Posted by supriyatna in All, Download, Howto, Internet, Windows.
Tags: , , , , , ,
trackback

Menjalankan Opera Mini di PC memang bukan hal baru, sudah lama dan banyak yg menjelaskan bagaimana langkah-langkahnya, baik dengan menggunakan MicroEmulator, KEmulator, SJBoys, dan lain sebagainya.

MicroEmulator and KEmulator

Saya sendiri cukup puas dengan MicroEmulator dan saat ini saya hanya ingin melengkapi saja tutorial yg sudah ada di internet, semisal:

  1. Opera Mini on 1280*1024
  2. Opera Mini di PC/komputer full Guide

Dengan mengikuti langkah-langkah pada tutorial tersebut saya tidak menemui kesulitan dalam  menjalankan Opera Mini pada MicroEmulator. Penjelasannya cukup lengkap dan mudah sehingga tidak sulit untuk mulai menggunakan MicroEmulator untuk menjalankan aplikasi-aplikasi java (.jar) yg biasa digunakan di HP untuk dijalankan di PC/Komputer.

Hanya saja, satu yang mengganjal adalah munculnya console window/command console disamping MicroEmulator itu sendiri, seperti yg terlihat di screen capture. Jika console window/command console tersebut ditutup maka MicroEmulator-nya pun akan ikut tertutup.

MicroEmulator with console window

Selama ini saya dapat mengesampingkan ganjalan tersebut, anggapan saya dengan bisa menjalankan Opera Mini pada PC sudah lebih dari cukup, jadi tidak apa-apalah.

Akan tapi lama kelamaan hal ini membuat jengkel juga karena menambah penuh Window Taskbar, sedangkan saya sendiri sering membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Nah akhirnya rasa penasaran ini semakin tak tertahankan, sehingga membuat saya inging mencari tahu sendiri bagaimana menjalankan MicroEmulator tanpa membuka console window.

Dengan langsung mendouble click microemulator.jar memang bisa langsung membuka applikasi tanpa membuka window console terpisah. Namun saya memerlukan JSR Implementation/Extentions class  agar dapat melakukan saved page pada Opera Mini.

Nah ternyata solusinya cukup mudah, dengan merubah sedikit cara yg sudah dijelaskan pada tutorial dari link diatas, saya dapat membuka MicroEmulator tanpa membuka console window.

Caranya:

  1. Setelah mendownload MicroEmulator, extract file .zip tersebut. Sebagai gambaran saya mengextractnya kedalam folder C:\TOOLS\microemulator kemudian buat shortcut dari microemulator.jar
  2. JANGAN merubah isian target menjadi C:\WINDOWS\system32\java.exe …bla...bla...bla…
  3. Tapi tambahkan -cp microemulator.jar;lib/microemu-jsr-75.jar --impl org.microemu.cldc.file.FileSystem sesudah …\microemulator.jar sehingga isian Target menjadi C:\TOOLS\microemulator\microemulator.jar -cp microemulator.jar;lib/microemu-jsr-75.jar --impl org.microemu.cldc.file.FileSystem
  4. Sip, selesai! Mudah sekali bukan?😀 Sekarang dengan mendouble click shortcut microemulator yang baru saja dibuat, tidak akan terbuka lagi console windows yang terpisah.
  5. Bagaimana jika ingin agar MicroEmulator langsung membuka applikasi Opera Mini?, cukup tambahkan path dari file .jar/.jad diposisi paling belakang, sehingga menjadi C:\TOOLS\microemulator\microemulator.jar -cp microemulator.jar;lib/microemu-jsr-75.jar --impl org.microemu.cldc.file.FileSystem apps\opera-mini-5.0.18635-advanced-en.jar

Referensi:

  1. MicroEmulator 3.0.0-SNAPSHOT
  2. Opera Mini 5 Release 5.0.19693 (.jar)

Comments»

1. Surya - Thu - Jun 24, 2010

Mantap…
Consolenya gk kluar lagy. Haha…
Thaxs bro…

Coba link “Opera Mobile For Windows” dibawah nie bro..
Siapa tau bisa dijadiin alternatif lain…

http://get.opera.com/pub/.custom/campaign/labs/20100421/OperaMobileWindows_49.exe

2. supriyatna - Wed - Jul 21, 2010

Sama-sama, senang bisa membantu.

Link diatas, setahu saya merupakan versi Opera Mobile untuk Windows Mobile, bukan untuk Windows Desktop, CMIIW.

3. aljihadi - Thu - Sep 23, 2010

mas sy msh bngng cr mnjlnkn opera mini dipc.tlg krmkn ke email sy cr menjalankan.
trm ksh sblmnya
cp:085230525260

supriyatna - Wed - Oct 20, 2010

@aljihadi: jika diperhatikan posting diatas, seharusnya sudah cukup jelas berisi tautan dari cara menggunakan opmin pada microemulator, atau saya perjelas lagi coba ke short link berikut http://goo.gl/vYqp untuk tutorial berbahasa Indonesia.

4. slamet - Sat - Aug 6, 2011

Mas untuk versi mozilla.jar ada ngak ya? klo ada download dimana? dan bisa nggak di aplikasikan untuk microemulator? thanks …

supriyatna - Sat - Aug 6, 2011

Setahu saya belum ada (mungkin tidak akan pernah ada), mozilla versi mobile masih terbatas untuk device Android dan iPhone


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: