jump to navigation

Aneh! Karakter @ menjadi ” (dan kebalikannya), # menjadi £ pada Notepad++ Thu - Mar 24, 2011

Posted by supriyatna in All, Howto, Windows.
Tags: , , ,
trackback

Tiba-tiba saja Notepad++ berperilaku aneh, yaitu salah dalam memunculkan suatu karakter pada saat mengetik keyboard. Contohnya saja hari ini, entah mengapa setiap menekan karakter “@” (SHIFT+2) selalu saja karakter ” (double quote) yang muncul pada layar, saat menekan karakter # justru karaketer £ yang muncul dilayar, dan ternyata! sekarang jika saya mengetik tombol ” hasilnya justru muncul karakter @

Wew…. berarti posisi karakter @ dan ” sekarang menjadi terbalik!

Sebetulnya sudah beberapa kali saya mengalami hal ini, dan biasanya karena tidak mau ambil pusing, cukup dengan restart (tutup dan buka kembali) aplikasi Notepad++ masalah ini dapat teratasi dengan sendirinya, pengetikan karakter-karakter tersebut akan berjalan normal kembali.

Hanya saya hari ini saya penasaran dengan apa yg menyebabkan hal tersebut, ah beruntung om google dengan cepat membantu saya, pada situs stackoverflow.com dijelaskan bahwa hal ini terjadi apabila kita sebelumnya menekan tombol ALT+SHIFT, ya saya memang melakukan hal tersebut sebelumnya, untuk melakukan column selection.

Yang harus dipahami ini bukan masalah pada Notepad++ nya, tapi lebih kepada perilaku Windows. Pada Windows XP (OS yg saya gunakan saat ini), penekanan ALT+SHIFT akan menyebabkan perubahan Input Language pada Language Bar dari Input standard (English -United State) menjadi (English – United Kingdom), dan ini yg menyebabkan munculnya perbedaan karakter pada saat penekanan keyboard. Sebagai informasi, setting Language pada Language Bar yang dikomputer saya ada 3 yaitu: (English -United State), (English -United Kingdom) dan (English -Zimbabwe)

Setting Input Language ini berlaku per-masing-masing aplikasi tergantung pada aplikasi apa yg sedang berjalan dan tidak berlaku secara global. Maksudnya, masing-masing aplikasi bisa memiliki input language sendiri-sendiri yang berbeda dengan aplikasi lain, tegantung bagaimana kita memilih mensettingnya.

Jadi bagaimana solusinya? sederhana saja, yaitu cukup tekan tombol ALT+SHIFT untuk kembali ke kondisi input standard (English – United State), atau langsung dengan mengklik tombol EN yang terletak pada sisi kanan dari Windows Taskbar, dan pilih input language yang sesuai. Pada komputer saya default Input Language-nya adalah (English – United State).

Comments»

1. ghani - Tue - Apr 26, 2011

wah terimakasih sekali mas
sekarang @ dan ” saya berfungsi normal.hehe

supriyatna - Tue - Apr 26, 2011

sama-sama mas ghani, senang bisa membantu…


Leave a Reply

