jump to navigation

File manager for Android Fri - Oct 14, 2011

Posted by supriyatna in All, Android, Download, Howto, Supriyatna's.
Tags: , , ,
trackback

File manager merupakan aplikasi wajib pada setiap device smartphone. Dimana dengan aplikasi ini, kita dapat mengatur/memindahkan/menghapus file-file dokumen, image, musik maupun video.

Secara default Android memang telah menyediakan “Gallery” dan “My Files”. “Gallery” memiliki UI interface yg bagus, namun ini hanya diperuntukan untuk file images dan video dan jauh untuk disebut file manager. “My Files”? Terlalu sederhana!, tidak banyak setting yg dapat dicostumize. Bahkan option untuk mengganti ukuran font saja tidak ada.

Ya, feature utama dari setiap aplikasi Android bagi saya adalah “wajib” memiliki pengaturan font size.

ASTRO File Manager

“ASTRO File Manager”, merupakan aplikasi pertama yg saya coba atas saran salah seorang teman. Cukup bagus, dengan menu bar terletak diatas yg defaultnya dalam bentuk icon dan dapat diatur ukurannya, icon ditampilkan didepan nama file untuk mengindikasikan jenis file, ada multi select, kemampuan search, namun minus kemampuan mengekstrak file terkompresi (zip, gzip, etc…).

Feature/Tools tambahan seperti Application manager/backup: untuk membackup aplikasi-aplikasi android yg sudah terinstall,

SD Card Usage: menampilkan pengunaan ruang penyimpanan pada media SD card dalam bentuk chart, Process Manager: untuk melihat aplikasi/proses/services yg sedang berjalan dan meng-kill-nya jika diinginkan.

image

Ghost Commander

Belum puas, kini waktunya mencoba “Ghost Commander”. Betul! File manager ini terinspirasi oleh aplikasi dos/windows populer, “Norton Commander”. Banyak varian yg muncul sesudahnya, sebut saja “Total  Commander” di Windows, atau “midnight commander” pada linux.

Yang saya suka dari “Ghost Commander” adalah kesederhanaannya, dengan tampilan text base tanpa icon, menu jg ditampilkan dalam bentuk text yg dapat discroll ke kiri-kanan, adanya pengaturan font size, memadatkan dan mengekstrak file juga tersedia hanya sayang belum dapat menangani file terkompresi yg dipassword.

Namun kemampuan tersebut, sepertinya terbayar dengan kemampuan Dual Panel, Ya! Ini feature standard gaya “commander”, disetiap sudut atas kiri dan kanan terdapat panel untuk berpindah antar working directory yg berbeda.

image

Dual File Manager XT

Aplikasi file manager yg terakhir adalah “Dual File Manager XT”, sesuai namanya kemampuannya serupa dengan “Ghost Manager” yg dapat berpindah antar 2 working directory berbeda yg ditampilkan dalam bentuk icon bar pada atas layar, icon file jg ditampilkan didepan nama file, Context menu yg lengkap dengan ukuran font yg dapat diubah, kemampuan mengextract/mengkompress/mengarchive file ke dalam format zip, gzip dan tar. Yang UTAMA adalah dapat menghandle file kompresi yg terpassword (zip 2.0, AES-128, AES-192 dan AES-256).

image

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: